Saturday, May 1, 2010

anoman obong2-serial ketoprak mbeling



Setelah dr Kacong dan para warga beristirahat dengan sholat mereka kembali suasana tenda kesehatan menjadi pikuk dan seorang warga yang sudah tak sabar menunggu kelanjutan penjelasan dr kacong segera berdiri dan bertanya: ayo diditeruskan biar kita semua tahu cara menangani luka bakar yang benar.
Prajurit istana: iya pak ini sudah mau dimulai, bapak tidak usah berdiri cukup angkat tangan saja.
warga: loh, mas prajurit ini gimana, kok minta saya angkat tangan ini kedua tangan saya luka bakar tidak bisa untuk nunjuk....
Prajurit : ai see
dr kacong : baik saya teruskan jadi untuk membedakan luka bakar yang mengenahi bapak-ibu sekalian itu termasuk golongan 1-2 atau 3 caranya adalah dengan melihat saja: kalau golongan satu tandanya luka bakarnya ringan yaitu hanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan saja, tidak melepuh apalagi kelihatan daging dan tulang. jadi siapa yang sekarng sakitnya golongan 1 silahkah ngumpul di pojok ruangan ini.
terus untuk golongan 2 itu tandanya adalah kalau sudah terjadi kulit yang kena luka bakar melepuh, bapak ibu tahukan artinya melepuh?  nah sekarang yang lukannya golongan 2 silahkan ngumpul ditengah dan untuk golongan 3 jelas lukanya sampai membuka dan daging bahkan tulangnya kelihatan kadang kalau parang juga ditandai warna gosong jadi maaf seperti bau sate.
Prajurit: terus gimana cara menangani?
dr. Kacong: ntuk yang derajat 1 dan derajat dua yang luasnya kuranga dari 5 cm maka cukup didingingan dengan air, bisa dengan air mengalir ingat airnya yang bersih jangan air bekas nyuci malah bisa infeksi, ingat juga tidak boleh di tempeli es batu secara langsung, atau dimasukkkan ke frezzer atau apalagi dikasih dry ice atau dimasukkan ke deepfrezer (-80 derajat) tapi cukup direndam atau dialiri air dingin bisa airnya ditambahi es untuk lebih sueeejuuuk.
Prajurit: gimana kalau dikasih kecap atau odol boleh tidak ?
warga: iya atau dikasih minyak goreng atau minyak tanah atau minyak bensin gimana?
dr. : maaf bapak bapak -ibu ibu tidak dianjurkan alias tidak dibolehkan luka bakar itu dikasih kecap,odol,minyak dengan segala derivatnya.
prajurit: derivat itu apaan ....
dr Kacong: derivat itu ya sebangsanya minyak minyakan, minyak goreng lengo mambu, bensin solar dll.
warga: lah ini kami udah terlanjur memborong semua kecap, odol dan minyak dari toko pak sabar, sampai tokonya pak sabar tutup kehabisan barang, terus gimana?
dr kacong: kalau itu mah gampang, sekarang kumpulkan semua barang2 tadi di pojok kiri ruangan ini nanti biar diambil saya asisten saya, mau dibuat hajatan dirumahnya katanya.
prajurit: lok kok enak tinggal ngambil, kami udah kena luka bakar, masih harus kehilangan kecap.
dr, Kacong: lah kalau eman eman apa mau disuntakkan dilukanya itu, lukanya mau dikecapi? ya gak papa, tapi kalau terjadi infeksi saya tidak bertanggung jawab.. ya
warga: engak sudah silahkan diambil sama asistennya pak dokter aja , nanti tinggal itungan aja dipotongkan biaya pengobatannya.
prajurit: o jadi ini praktek dokter dibayar kecap, lumayan juga dokternya bisa buka toko pracangan ya.
dr. kacong: smile ......
dr. Kacong: diteruska ya, luka bakar derajat satu ini akan sembuh sendiri inysa allah jadi tdk usah terlalu khawatir.
prajurit: sebentar, tapi nanti kalau sembuh ada bekas nya tidak nanti jadi tembong gimana?
dr Kacong: biasanya kalau lukanya agak berat dikit memang bekasnya akan menjadi lebih gelap dibanding kulit sekitarnya, cara mengurangi dan menangani masalah ini adalah dngan cara menutup kasa steril pada luka bakar baru dan ketika sudah sembuh silahkan diolesi sunscreen, terus usahakan jangan kena luka bakar lagi ditempat yang sama karena akan merusak jaringan lebih dalam dan menyebakan warna hitamnya menjadi permanen.
prajurit: ok pak dokter siap melaksanakan, terus ini yang golongan ke dua yang udah ngumpul ditengah ini harus digimanakan?
dr. Kacong: untuk penangananan golongan 2 yang kurang dari 5 cm sama dngan golongan satu tambahannya tidak boleh  melepuhnya di bledoskan-dicubles atau di iris dll...
warga: loh emang kenapa bukannya airnya biar keluar terus cepat kering?
dr kacong: wah maaf kayaknya jawabannya mesti nunggu pekan depan ya? karena ada iklan yang mau lewat....... ......... ......... ......... .......(2b- continued)
 
Supangat MD,MS Ph.D
Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea
Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

0 comments:

Post a Comment