Saturday, May 1, 2010

anoman obong3-serial ketoprak mbeling



dr. Kacong: Jadi...
Prajurit : jadi gimana kok moro-moro  jadi, yang jadi apanya ?(moro moro=tiba-tiba- -atas permintaan maka bahasa bahasa lokal akan di terjemahkan. insya allah).
dr. kacong : kulit yang melepuh itu kalau tidak robek dan masih utuh justru bisa melindungi dari infeksi, kalauluakan kita buka-ditusuk dll maka akan memudahkan masuknya si-kuman nah kalau udah gitu terjadi infeksi dan berbahaya selain melamakan sembuhnya juga beresiko untuk menimbulkan jaringan parut dan
warga: stop stop, jaringan parut itu apa sih, apa parutan klapa gitu?
dr. K: maksudnya adalah kulitnya menjadi mati-tidak ada pori pori-tidak ada bulu2nya dan terlihat lebih kinclong. Kulit yang seperti ini selain menyulitkan gerak karena tidak elastis juga tentu secara kosmetik menjadi perhatian tersendiri apalagi bagi warga sekalian yang sedang giat giatnya merawat kulit. ya intinya bagian kulit yang melepuh biarkan saja.
Prajurit : ok
dr. K: untuk luka derajat dua karena biasanya juga terasa sakit-nyeri maka bisa minum obat obatan anti sakit seperti parasetamol- antalgin atau asam mefenamat.Kemudian luka bakarnya bisa ditutup pakai kasa steril atau kain yang halus dan steril, ingat tidak boleh pakai kapas karena sangat berbahaya kapasnya akanmenempel dan sulit dibersihkan kalau ada luka terbuka bisa ada didalam jaringan yang sedang tumbuh dan memperlama kesembuhan.Kalau luka bakar golongan 2 pada daerah daera tertentu (masih ingatkan ? maka orang tersebut dianjurkan ntuk berobat ke ndokteran ( rumahsakit) terdekat. sebelum dibawa ke RS pertolongan pertamanya dengan mennyejukkan (ingat ya tidak pakai es- bukan cold tapi cukup cool) bisa dengan air yan mengalir alias pancuran (air kran-shower dll).
Prajurit: cool itu beda ya sama cold, kalau cool itu kaya saya ini ..
warga : oooo...
dr. Kacong: iya cool itu kaa mas prajurit.
d.K: untuk yang golongan 3 harusdi bawa ke RS atau Bogonso dan kalau lukanya luas tdk perlu didinginkan dengan air mengalir karena beresiko jadi syok. kalau ada baju atau kain yang menempel diluka bakar jangan dipaksa di lepas biarkn saja nanti petugas yang nglepasin.luka derajat3 juga mesti hati2  karena biasanya ada ganguan napas karena menghisap asap. jadi bagi prajurit yang sudah dilatih prosedur gawat darurat A-B-C (airway-Breathing- circulation) bisa dipraktekkan.
begitu kira kira kalau ada kejadian luka bakar urut urutan penangannanya semoga bermanfaat.
Warga: Prajurit...prajurit tolong ...
Prajurit : ada apa disitu kok ribut2.
Warga: ini kecap saya mau tak kasihkan (diberikan) sama om dokter tumpah.
Prajurit : o alah ming kecape wutah ae manggil prajurit. (cuma kecap tumpah saja panggil prajurit).ok makasih  semua ya anomane tidak ada tidak usah dicari dimana anomanya.
 

 
Supangat MD,MS Ph.D
Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea
Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

0 comments:

Post a Comment