Saturday, May 1, 2010

Pak Jenderal Terserang stroke2-ketoprak mbeling



gooooooonggg. ......... ......... .....
Prajurit:acara dilanjutkan
drk: bagi bapak bapk  ibu ibu yang memiliki bakat bakat berikut musti ati ati terhadap resiko serangan stroke yaitu: - Tekanan darahnya tinggi , melibihi 150 diastolnya dan sistolnya melebihi 90 mmHg karena beriko 6 X lebih tinggi untuk terserang stroke dibanding yagn tidak darah tinggi
         - orang dengan gangguan jantung seperti atrial fibrilasi berisko 2 X lebih tinggi
 dan ke 3...
Prjurit: stop dulu itu ngomongin apa sih ada diastol-sistol terus ada atrial fibrilasi apa itu sebangsanya senyata gitu, kok saya sebagai prajurit belum pernah dengar...... kalau pistol wal senapan mah udah familier.
drk: ups mianhada prajurit-nim sistole maksudnya adalah tekanan darah saat jantung berkontraksi dan diastol saat jantung relaksasi gampangnya kalau ngukur tekanan darah kan mesti ada dua angka misalnya 150/90 mmHg jadi tekanan atas namanya sistol tekanan bawah namanya diastol orang bisa saja atasnya normal misalnya 120 tapi bawahnya tinggi 95 ini juga sudah beresiko, bahkan yang diastol ini lebih penting.cuma kadang kita kan cuma ingat yang atas saja. terus kalau atrial fibrilasi itu artinya jantungnya berdetak lebih cepat gitu loh----mungkin gampanya kaya deg deg kelapa muda eh deg degan gitu.
resiko yang ke-3 adalah kebanyakan kolesterol-- ini perhatian khusus bagi para pejabat kerajaan yang jumlah energi yang masuk jauh lebih banyak daripada energi yang diperlukan-- mesti berbagi nih sama rakyat biar tidak nabung kolesterol.
ke-4 adalah penderita diabetes alias kencing manis so bagi warga yang sangking manisnya sampe kencinya aja ikut manis mesti ati ati juga
ke-5 bagi yang masih suka ududed (qolqolah ya..) alias merokok-- yang ini gak usah dibahas biasana para perokok sih udah tahu bahanyanya cuma masih nekat saja wong dibungkus rokok juga udah ada tulisannya tetap aja gak ngaruh kecuali udah sadar dari diri sendiri.. kalau mau brenti ya stop aja, gitu aja kok repot.
yang ke enam nih kalau ada riwayat dikeluarganya yang kena stroke juga mesti lebih ektra ati ati....
Prajurit : loh emang stroke menular???? wah gak mau deket deket deh
drk; bukan menular mas prajurit,, tapi ada kecenderungan familial maksdnya kalau dalam sebuah keluarga ada yang terkena biasanya faktor2 resikonya juga da di angota keluarga yang lain gitu artinya akalu ada bapaknya-mbahnya- mbah buyutnya-mabh canggahnya yang kena maka bisa jadi dikeluarga itu memang ada resiko tapi tidak menular misalnya suaminya kena maka istrinya tidak kemudian tertular atau memiliki resiko- gitu tahu ya maksudnya mas prajurit
prajurit ; siap.
drk ; ok kalau siap kita akan bahas apa sih gejala gejalanya cuma kayaknya udah kepanjangann entar bacanya kelamaan jadi bersambung saja .. insya allah.
.

Supangat MD,MS Ph.D
Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea
Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

0 comments:

Post a Comment