Saturday, May 1, 2010

Pak Jenderal Terserang stroke5-ketoprak mbeling



Setelah para peserta training pajurit, para komandan dan punggawa selesai sholat, wajah mereka tampak menjadi lebih cerih, sunyumanpun nampak mulai menhiasi wajah mereka setelah sebelumnya sembunyi tak termunculkan, kekhawatiran dan ketakutanpun kini berganti dengan harapan dan kepasrahan, keheningan dan kesenyampanpun kini berganti dengan sedikit gurauan dan kesantaian, hingga akhirnya prajuritpun membuka kata katanya:mari kita lanjutkan bagian terpenting dari acara kita, mari kita simak cara cara pencegahan, pencegahan untuk tidak terkena stroke bagi yang belum kena, dan pencegahan untuk tidak kena yang ke duakali- bagi yang sudah pernah kena. Bukankan lebih baik mencegah dari pada tidak mencegah?
Hadirin: sssst salah mas prajuritlebih baik mencegah dari pada mengobati..
Prajurit: loh justru itu yang salah kalau kita mau bandingin sesuau katanya mesti apple to apple mosok jeruk makan jeruk..
Hadirin : loh tambah gak joko sembung
Prajurit: Kencan semnida, jigem sijak hamnida, Kacong uisanim tafadhol himdina..
Dr K: Faktor resiko stroke itu bisa dikelompokka jadi kelompok yang tidak bisa diubah dan yang bisa di uba. Yang tidak bisa diubah misalnya umur, jenis kelamin dan suku. Meskipun ini juga bergesar jaman dulu orang stroke biasanya kalau sudah tua, tapi sekarang bisa menyerang orang yang lebih muda meskipun semakin bertambah umur semakin besar resikonya. Yang mungkin kita bakalanbicarakan adalah factor yang bisa diubah tentu oleh kita masing masing,jangan nunggu dipaksa paksa (eh ini paksa bahasa Indonesia bukan paksa bahasa korea entar jadi paksanim).mari kita mulai dari factor resiko pertama adalah tekanan darah tinggi. Kalau kita punya bakat tekanan darah tinggi, keluarga kita ada yang tekanan darah tinggi maka kita perlu dengan sekuat tenaga, kalau sih kalau tidak mau ya molayomari kita berusaha agar tekanan darah kira sekitar 120/80 mmHg, ada beberapa langkah untuk menjaga itu ..
Prajurit: itu yang dipojok ngapai rame?
Peserta: mas prajurit apa kami boleh mencatat?kayaknya berguna nih entar mau di tulis distatus FBku biar keren, lagian sudah lama gak update status
Prajurit: ok belon entar dan tagging juga ke akunku ya
Dr. K : e alah tibaknya semua udah kena demam FB wal jarring jarring pertemanan semua yah , tapi kita teruskan ya cara jaga tekanan darah:
-         jaga berat badan tetap ideal dan hindari obesitas(heh maap jangan marah yang merasa undah terlanjur kegedean. Untuk cara cara njaganya biar tidak obes kali lain saja yah enter kepanjangan. Atau cari sendiri lah dim as google atau pak de Naver
-         Hindari obat yang bisa naikkan tekanan darah, obat obatan anti flu biasanya mengandung ini so kudu ati ati, yang jug apenting tuh kalau makan sayur kudu dicuci bersih bersih karena beberapa obat yang digunakan di kebunnya pak tani mengandung obat yang meningkatkan tekanan darah so cuci dengan air yang mengalir.
-         Kurangi garam. Jangan mentang mentah biar menjadi orang yang berpengalaman dan banyak makan asam garam terus menu utamanaya garam terus- entar benar benar jadi pengalaman punya tekanan darah tinggi gimana coba.
-         Kudu rajin makan sayur dan buah, and yang penting and kudu di ubah nih kalau makan buah yang bisa dengan kulitnya kaya apel-pear jambu dan lain sebangsanya tidak udah dikupas kulitnya. Karena anjurannya adalah tidak unskin fruit alias utuh kecuali kalau makan durian ya dikupas lah, khusus buat mas prajurit boleh juga kalau mau akorbat.
-         Olah raga teratur minmal  teratur minmal 3 X 30 menit seminggu
-         Periksa tekanan darah rutinkalau gak diperiksa gimana mau tahu berapa darahkan emang sulapan gak periksa bisa tahu.
Kemudian factor kedua yang kudu diubah adalah menjaga agar tidak kelebihan cholesterol, eh ingat ya kita itu butuh kolesterol jangan mentang mentanng kena iklan terus menhindari dan emoh sama sekali sama kolesterol, yang tidak boleh itu kelebihan. Cara biar tidak kelebihan adalah…………..
Prajurit: stop dulu pak kepanjagann entar status FBnya kepanjangan .. bersambung 멈
Dr K : loh ini tinggal sak ipet saja kok
Prajurit : iya gak papa pokoknya saya yang ngatur waktu harus berhenti
Dr K: wah lagi ini ada moderator galak hamnida  tapi okelah

Supangat MD,MS Ph.D
Structural Biology Lab. Dept. Marine Biotechnology Korean Ocean Research & Development Institute, Ansan, Korea
Tel. +82 314007767 Hp. 010 86865590

0 comments:

Post a Comment